Translate

Kamis, 07 Juni 2012

Tips :

Langkah Mudah Menentukan Judul


Udah semester akhir tapi belum nemu judul yang tepat baut diajuki.  Eemm...mencari judul tidaklah sesulit yang kita bayangkan loh !!!. Berikut ini, beberapa langkah mudah yang bisa Anda coba untuk menentukan judul yang tepat untuk skripsi, tesis, disertasi, tugas akhir, tugas khusus dan penulisan karya ilmiah lainnya.

1.    Sesuaikan Judul dengan basic interest/ kesukaan
         Poin pertama yang perlu diperhatikan adalah basic interest/ kesukaan. Bagaimana kita bisa menjadi mau mengerjakan sesuatu yang tidak kita sukai? Pasti hasilnya juga kurang bagus deh !
           Faktor  kesukaan sangat penting dalam menentukan judul karena jika kita mengerjakan sesuatu yang kita suka pasti akan kita lakuin dengan sepenuh hati. Beda halnya, jika mengerjakan sesuatu dengan terpaksa pasti hasilnya kurang bagus alis hasilnya juga dipaksakan. Dengan menentukan judul sesuai dengan kesukaan Anda, maka akan menambah gain interest atau alasan melakukan sesuatu dan bertanggung jawab nantinya terhadap judul yang telah ada pilih.

2.    Sesuaikan dengan kemampuan
          Langkah berikutnya yaitu sesuaikan dengan kemampuan Anda. Secara langsung kemampuan turut mempengaruhi performent ke depannya ketika Anda mempertanggungjawabkan judul yang telah Anda susun.  Kemampuan bisa memberikan kontribusi yang maksimal terhadap karya tulis yang akan Anda buat. Akan riskan jadinya jika Anda menentukan sebuah judul karya ilmiah, namun Anda tidak mempunyai kemampuan terhadap apa yang Anda akan kerjakan.
      Judul yang dipilih tanpa disesuaikan dengan kemampuan justru akan memperberat tugas Anda. Banyak waktu yang terbungan percuma untuk mendapatkan informasi terhadap materi judul yang akan Anda buat sebab Anda harus belajar dari awal materi-materi tersebut belum lagi waktu yang Anda butuhkan untuk mencari referensi pendukung lainnya. Jadi, pertimbangkanlah !!


3.    Simulasikan hasil judul sementara dengan kebutuhan masyarakat
           Makna dari membuat sebuah karya tulis  yaitu  sebagai alasan bahwa apa yang telah kita hasilkan memberikan kontribusi yang berarti bagi orang lain. Apa gunanya jika karya tulis yang kita buat dengan bersusah payah hanya menjadi kertas berisi materi untuk melunturkan tanggung jawab kita sebagai seorang mahasiswa dan hanya untuk memperoleh gelar semata.
Mensimulasikan karya tulis dapat kita lakukan dengan bertanya langsung, membagikan angket dan berbagai hal yang dapat kita lakukan untuk memperoleh data yang valid yang dapat memberikan informasi tentang kebutuhan masyarakat sehingga karya tulis yang kita buat dapat bermanfaat.

4.    Cari referensi yang mendukung
            Referensi ini merupakan langkah terpenting lainnya setelah Anda menentukan judul. Tidak mungkinkan kita menulis karya ilmiah tanpa menggunakan referensi sebagai dasar materi.  selain itu, mungkin judul yang Anda ambil sudah perna dipakai oleh orang lain lebih dulu  jadi tidak ada salahnya jika kita mencari referensi sejenis sebagai bahan bandingan. Berbagai referensi dapat Anda temukan melalui;
a.    Karya ilmiah sejenis
        Karya ilmiah sejenis adalah cara paling gampang untuk mencari judul karya tulis ilmiah. caranya cukup melihat pada bagian saran. Biasanya peneliti terdahulu menyarankan para peneliti selanjutnya mengenai hal-hal yang kurang dapat penelitian tersebut sehingga perlu diteliti lebih lanjut. Selanjutnya hasil saran yang ada dapat Anda sesuaikan dengan judul yang akan Anda ambil. Tetapi perlu diingat jangan mengambil judul yang sama minimal sudah berganti wajah sehingga Anda tidak dianggap plagiat.
b.    Internet
          Pencarian di internet memang lumrah, tetapi jangan terkesan mengkopi paste materi tersebut. Pelajari dan simpulkan materi tersebut. Untuk pencarian materi Anda dapat mengunjungi situs-situs seperi www. Wikipedia.org 
c.    Buku
         Buku adalah pasokan materi yang paling diakui keabsahannya. Oleh karena itu, carilah buku-buku tingkat internasional sehingga derajat kualitas materi diakui. Kalau dari tingkat nasional carilah penerbit yang menjadi rujukan materi dari apa yang Anda pakai dan yang dipakai dosen atau pengajar juga diakui praktisi.
d.    Majalah/ surat kabar
          Media biasanya menjadi salah satu sarana untuk menemukan judul yang bagus karena media selalu digunakan oleh para praktisi mengeluarkan pendapat sehingga kita dapat memperoleh informasi. Selain itu, media seperi majalah dan surat kabar biasa memapilkan hasil penelitian dalam bentuk artikel atau jurnal ilmiah.

5.    Sharing dengan dosen, teman, lainnya
       Sharing ini sangat penting loh...melalui sharing kita dapat memperoleh saran dan kritik  dalam pengambilan keputusan menentukan judul.  Dengan sharing Anda dapat mengetahui kelebihan, kekurangan, kelemahan dan yang menjadi kekuatan dari judul Anda. Oleh karena itu sebaiknya Anda melakukan shering dengan orang-orang yang mengetahui materi dalam judul seperti dosen dan teman-teman Anda.

Selamat Mencoba !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar