Translate

Kamis, 24 Mei 2012

Sudah takdir

Terilhami dari novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu karya Tere-liye
    Oleh : Ismira

        Mengapa manusia selalu memandang berbagai hal dari sudut yang berbeda? Kadang selalu mengutarakan sesuatu yang tidak nyata? Memutar balikkan fakta selalu jadi keahlian yang tumbuh tanpa disadari. Manusia selalu berpikir, hidup tak adil, itu adalah suatu pandang subjektif. Tetapi di balik kertidakadilan tersebut justru terselip sebab akibat yang menghubungakan satu orang dengan orang lainnya, kita terkadang menjadi sebab akibat bagi orang dan juga sebaliknya. Itulah takdir hidup.
          Pandangan selalu menjadi opini yang membutuhkan pembenaran. Mengapa? karena kita selalu memandang dari sudut yang berbeda walau dengan objek yang sama. Banyak orang mengatakan mata tak dapat berbohong tapi di sisi lain selalu ada kacamata hitam yang menutupi kebenaran tersebut. Maka, manusia selalu bertanya dan mengikuti kata hati. Namun, hati juga selalu berdusta mengikuti nafsu yang dikendalikan oleh otak yang telah tercemar oleh hasutan setan yang tak henti menggoda. Lalu, dimana kita harus bertanya dan mengadu? Tentu saja pada yang Maha Tahu.
         Terlepas dari semua hal tentang keadilan, manusia juga selalu beranggapan bahwa Tuhan selalu memudahkan orang-orang yang berniat jahat dan selalu mempersulit orang-orang yang berbuat baik dan terkadang mengambil kebahagian yang tinggal sejengkal untuk diraih. Entahlah..tapi ini semua takdir yang akan menjawab. Hanya satu hal yang dapat dipastikan, Tuhan tidak akan memberi apa yang kita inginkan tapi Tuhan akan memberi apa yang kita butuhkan.
        Uuuhhh......sepertinya otak gue tambah koslet ni !!!! uuuhhh....bangun...bangun mesti cuci muka dulu ni biar segeran dikit tapi kan lagi ujian,,entar aja deh !!. Ya..ampun sejak selesai membaca novel Tere-Liye, otak, perasaan dan semangat gue campur aduk dan sesekali gue berpikir keras tentang kehidupan gue yang hingga usia segini belum berbuat apapun yang berguna. Kegiatan gue cuma mentok pada rutinitas minta ongkos angkot ma mama, majakin bapak gue buat uang jajan, nyampai kampus kerjanya cuma ngegosip ma gifo. Tau kan gifo... gila foto,, apapun kegiatanya didokumentasi bareng teman-teman yang gilanya ngak jauh-jauh beda ma gue. Hehehe !!!!
       Sejak nyelesaiin novel itu  gue selalu mimpi aneh dan nggak jelas. Yang pastinya alam bawah sadar gue selalu memotivasi gue untuk mengubah kebiasaan gue yang tidak berguna bagi sebagian orang. Namun, bagi gue yang berjiwa muda, ngumpul dan ceritaiin keburukan orang tanpa melihat diri sendiri adalah surga dunia. Istilah kerennya ni penderitaan elo kebahagian  gue...hehehe.  jahat sih jahat namanya juga hobi.
        Eeeemmm...udah menginjak semester enam di bangku kuliah gue masih santai seperti semester-semester awal. Sementara teman-teman gue yang rada serius udah pada mempersiapkan judul buat diajuin. Beda ma gue yang pikirannya masih pengen main. Gue adalah orang yang nggak suka ngerjaaiin sesuai pake dicicil. Entahlah...ada apa ma otak gue ni tapi kalau ngerjaaiin tugas jauh-jauh hari sebelum  dikumpul bawaan gue malas luar biasa tapi kalau ngerjaaiin tugas pas besok dikumpulnya, otak ge jalan boo...kanya kompas nunjukin arah utara pas lagi di tengah lautan yang tanpa arah, mutarnya cepat..hehehe,,,nggak maksud nyombongin diri tapi kalau dipikir-pikir otak guna cukup encer bila dibandingkan dengan otak sinpansen dan bangsa premata lainnya,, gue cuma kalah di ajang panjat pohon aja  maklum gue ngalah gitu loh hehehe...biar monyet ngak demo.
      Tapi...aneh bin ajaib, novel yang selesai gue baca selama lima hari baru kelar justru mengusik batin gue. Heran gue,,, karena ini hanya sebuah novel gitu loh...tebalnyanya juga ngak tebal-tebal amat paling lau pake bantal buat tidur cuma nyenykin dua jam dong...beda jauh ma novel twilight saga yang empat edisinya habis gue baca bahkan gue ulang-ulang, yang kalau dirinciin tebalnya lebih dari dua rim kertas A4 lau diprint pake canon. Entah... apa yang menggangu-gangu ketenangan gue dari novel ini. Satu kata yang dapat menjadi alasannya bahwa kita menjadi alasan bagi orang lain dan orang lain menjadi alasan bagi kita dan itu disebut takdir. Ya Allah...kenapa gue lupa,,!!! Sesungguhnya semua ini telah diatur dengan apik dalam bingkai kehidupan .
        Jantung gue mulai deg-deggan mikirin hal-hal yang baru gue sadari di usia dua puluh tahun gue yang gue pikir sempurna buat ukuran gue pribadi. Apa yang gue telah lakukan yang membuat orang lain menderita atau sensara. Hanya itu yang ada di benak gue ngak dihitung gimana cara gue membuat orang lain bahagia yang gue pikirin sedihnya dulu. Hitung-hitung jangan sampai ada ucapan maupun perbuatan gue yang menimbulkan penderitaan dan dendam kasumat yang tersimpan dan membuat orang–orang tersebut nggak suka ma gue. Waduh gawat...!!! giamana nanti gue pertanggungjawabkan ma Tuhan ya...secara dalam novel juga diungkapin teman-teman pemeran utama yang meningggal di usia muda,,aaaa...gue jadi merinding ni.
       Ya ampun...gimana ni,,, perbuatan baik gue lau dipikir-pikir baru dikit baget dibanding dosa gue selama ini teruma dosa gue yang selalu majakin bapak gue pas dia lagi kaya trus musuhin dia pas dia lagi miskin bahkan kalau di miskin bangen ditanyapun gue nggan buat jawabnya !!! eemmm...bukan salah gue juga dong mengapa kepribadiaan gue jadi mantre abis,, bapak ma mama gue mesti ikut tanggu jawab dong siapa suruh manjaiin gue sampai segitunya jadi kebawa kebiasaan kan!!!
       Stop..kita lagi bahas tentang batin gue yang bergejolak tak menentu nie...jantung gue berdetak kencang saat gue ingat sahabat terbaik gue yang gue buat nangis pas lagi presentasi.  Presentas yang merupakan tugas mid mata kuliah. Aaahhhh....kenapa gue lakuiin itu !!!. akibatnya fatal abis dan buat hubungan persahabatan gue renggang bahkan gue agak canggung lau bertemu ma dia bahkan gue berusaha untuk ngindar dari dia. Uuuhhh...gue menjadi sebab bagi takdir dia terhadap nilai mata kuliah itu. Jangan sampai dia nggak lulus karena pertanyaan gue yang lagi semangat-semangatnya waktu itu ngajuiin pertanyaan. Kalau begini gue pengen bangen nangis mikirin kelalaian gue,,seharusnya gue nggak usah bertanya waktu itu. Tapi semua udah terlanjut yang tersisa Cuma sumpah gue untuk ngga pertanya dan nggak mau peduli lagi ketika dia tampil prentasi atau apalah itu. Intinya gue nggak mau terlibat dalam segalah hal yang mungkin akan berakibat fatal lagi dan buat hubungan gue ma dia benar-benar hancur berkeping-keping kaya gelas yang dibanting di jalan raya.
       Sejak kejadian itu gue memutuskan untuk berpikir sebelum bertindak karena selama ini gue selalu bertindak tanpa mikirin akibatnnya yang gue tau hati gue pengen otak dan tubuh gue ngelakuiin hal tersebut. Akibatnya, liatlah gue sekarang jarang senyum selalu berpikir kritis, kebanyakan galau, tidak suka neko-neko walaupun masih sering lupa karena keasikkan dan hasutan setan-setan kecil yang menjadi sahabat karib gue selama ini.
      Uuuhhh...gue mesti perbaikin semua ini. Tekat gue yang paling kuat telah sepakat dengan otak gue yang kadang nggak sejalan. Berubah !!!
“Baju kuning-baju kuning...!! kamu sudah selesaikan? kumpul sekarang..!!.tersetak gue nyadari ternyata gue lagi ngelamun pas lagi ujian final!!! Uuuhh....malu-malui ajah deh,,,eeeemmm tunggu dulu mikir dulu sebelum bertindak (malaikat di samping gue ngingatin). Oowww... iya, jangan bertindak gegabah( kaya detektif aja). Hehe...entar lagi bu !!!! semua harus dipikir kan. Akhirnya pergolakin batin gue terhenti dengan panggilan baju kuning. Ingetin kebiasaan ke belakang aja pas abis makan. Eemm..dari pada lama mending dikumpul aja deh dari pada bikin beban batin lagi...toh kalau ditunda nggak ada jawaban yang  gue ubah dan nilai tetap gitu-gitu aja. Bikin pantat gue tambah panas duduk kelamaan..eee...akhirnya...gue cuma bisa bilang...kan udah TAKDIR !!!
                                                              *** Tamat***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar